Skip to main content

Tes Pramugari Garuda 2014


Hello my lovely reader :)

At this time, now i would like to share my experience join the recruitment Flight Attendant Garuda Indonesia 2014. Semoga pengalaman gue ini bisa menginspirasi kalian yang ingin menjadi pramugari di Maskapai terbesar di Indonesia.
Sebelum kamu berniat daftar menjadi FA (baca: flight attendant), kamu harus rajin-rajin browsing maskapai apa yang lagi buka recruitment sekarang ini untuk itu kamu bisa cek di www.forumpramugari.com lengkapnya.

Cekidot girls!

 1. Online Registration
Seminggu sebelum perekrutan gue daftar online dulu di http://career.garuda-indonesia.com/. Well, sebelumnya gue pernah gagal 3x tes pramugari di Garuda, mungkin sebagian orang akan males lagi buat nyoba karena udah sering gagal tapi kalo dalam kamus gue gak ada istilah nyerah dan karena gue orangnya masih penasaran dan entah ada angin apa tiba-tiba pengen ikutan tes ini lagi, hemm emang gak pernah kapok deh gue haha. 

Setelah daftar online gue mendapat email undangan dari pihak recruitment untuk mengikuti seleksi Tahap Awal. Nah kalau kamu belom sempet online registrasi kamu bisa langsung on the spot langsung ke tempat walk in interviewnya, hanya kelebihan dari online registrasi ini adalah nama kalian sudah terdaftar disana dan nantinya tidak perlu memasukan data lagi.

2. Tinggi Badan/Berat Badan
20 September ketika gue cek tanggal di handphone ketika sampai di GITC Duri Kosambi, lalu gue berjalan menghampiri Pak Satpam untuk mengambil nomer dan omaigoott! gue dapet nomor tes 316. Peserta yang mengikuti walk in saat itu kurang lebih hampir 400an lebih ckck gak kebayang ramenya deh. Dengan penuh sabar gue nunggu dan lumayan lama akhirnya nomer gue dipanggil juga. Dari situ gue bergegas membuka heels untuk mengukur TB/BB. Dengan sedikit kecewa tinggi gue berkurang menjadi 158.5/50 padahal kan asli tinggi gue 160 hiks hiks. 

Oiya, jika kamu mau ngecek ukuran ideal kamu itu berapa bisa dengan cek, yaitu Tinggi Badan - 110 = Ukuran Ideal. Di tahap ini banyak sekali mereka yang gak lolos entah itu Over Weight, Under Weight, atau masih belum mencukupi umur, duh makin deg-degan aja nih. Dan setelah di cek tinggi dan berat, gue memenuhi standar perusahaan dan gue berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu Performance Test

3. Performance Test + Interview User
Yang lolos di tahap ini mereka tinggi-tinggi dan cantik-cantik membuat gue grogi dan jika dibandingkan dengan gue dengan tampang yang biasa-biasa aja haha, tapi itu gak membuat gue malah patah semangat gue berusaha semaksimal mungkin akan memberikan yang terbaik. Sibuk tenggelam dengan pikiran gue sendiri lalu tibalah saatnya gue untuk masuk ke dalam bilik. Di tahap ini kita disuruh memperkenalkan diri, menceritakan kesibukan apa saat ini, motivasi menjadi pramugari apa, apa yang kamu ketahui tentang Garuda, dll. 

Lalu kita diminta untuk membuka heels untuk cek kulit kaki apakah ada bekas luka yang parah, cek kuku, tangan, lengan, bahu apakah miring, cek kulit wajah apakah berjerawat parah atau tidak, saran gue kalau ada jerawat tutupilah pakai concelear agar tersamarkan, lalu ada tes berjalan kita disuruh berjalan beberapa langkah lalu kembali lagi dan gak perlu berjalan ala catwalk model karena tujuan tes ini adalah melihat apakah kaki kita punya kelainan bentuk seperti letter X atau O, berjalanlah dengan santai biarkan kedua tangan sedikit berayun supaya terlihat rilex dan yang paling penting di tahap ini adalah SENYUM :)

Agak kecewa ketika usernya bilang supaya gue merawat muka lagi dan bahu gue terlihat miring, dan untuk hasilnya bisa cek diluar bilik, sembari mengucapkan terima kasih gue berjalan keluar bilik dengan perasaan campur aduk dan menghampiri komputer mas-masnya menyebutkan nomer peserta gue.

Mas-masnya : Berapa nomer urutnya mbak?
Gue               : 222 mas (jawab gue dengan tampang loyo)
Mas-masnya : Irma Putri Rahmadani?
Gue               : Iya mas... 
Mas-masnya : Tadi usernya yang ngetes yang mana ya?
Gue               : Itu yang di ujung mas ibu-ibu (jawab gue dengan malas)
Mas-masnya : Yang pake kerudung itu kan diujung bilik?
Gue               : Iyah mas yang pake kerudung ibu-ibu ituuuu (sambil menunjuk bilik diujung, ini kayanya gak percayaan amat sih mas"nya)
Mas-masnya : Oke Mbak Irma Putri Rahmadani selamat mbak lanjut ke tahap selanjutnya yaitu psikotes, untuk tanggalnya akan kami info via sms ya
Gue               :*@%#_:<!@#)_#$

Intinya seneng banget deh bisa lolos, setelah itu gue ngisi data gue di kertas kuning gitu.

4. Psikotes + Tes Bahasa Inggris
Gue dapet undangan psikotes tanggal 11 Oktober di GITC Duri Kosambi, gue berangkat naik busway ke arah Kalideres trus turun halte Rawa Buaya setelah itu nyebrang naik angkot putih turun depan GITC langsung. Gue lari buru-buru ke dalem ruangan karena telat tapi untung belom dimulai tesnya, fiuhhhh....
Sebelum mulai psikotes kita di presentasiin tahap-tahap garuda gitu dan mereka memberikan instruksi untuk pengerjaaan soal psikotes dan kurang lebih 3 jam psikotes ini berlangsung.

Oiya di tahap ini ada 55 orang yang mengikuti psikotes dan tes nya yaitu meliputi:
1. Tes Bhs. Inggris (Soalnya gak terlalu susah kok yaitu tentang grammer, soal cerita, conversation di pesawat, kalimat acak, dll).
2. Tes Koran (Dimana kita menghitung angka dari bawah sampai atas, nanti ada instruksi dimana kita harus pindah baris).
3. Tes Gambar (Tes ini melatih daya imaginasi kita).
4. Tes Kepribadian (Tes ini tidak ada batasan waktu tetapi kamu harus isi semua yang mewakili sikap kamu).

Alhamdulillah tidak lama pada tanggal 13 gue mendapat sms kalo gue lolos ke tahap selanjutnya yeayy

5. Askam/ Background Check
Kaget, seneng, trus panik kalang kabut kalo gue lolos ke tahap background check ini, you know? gue harus mempersiapkan semua dokumen yaitu dalam 2 hari saja. Untungnya dengan kekuatan gerhana bulan dan angin kinton semua dokumen berhasil gue lengkapin yeayy puass. Lalu subuh-subuh gue berangkat ke Bandara Soe-Ta naek damri saking takutnya telat kaya peristiwa psikotes kemarin. Yang lolos tahap Background check cuman 22 orang ckck makin dikit aja nih.

Disini nantinya kita akan disuruh isi data diri, keluarga mulai dari keluarga kandung, tiri, kakek, nenek dll dan ada 30 soal yang harus kita jawab dan diberi waktu 2 jam saja untuk menyelesaikannya, oiya dalam mengerjakannya kamu harus jujur ya guys soalnya nanti ditanyain lagi untuk di interview sama pihak BIN atau security pihak garuda. Dan kebanyakan pertanyaan yang mereka kasih menjebak gitu tapi jangan takut yang penting adalah kalian harus jujur walaupun gak bisa jawab semua pertanyaan mereka pakailah jurus andalan kamu yaitu SENYUM :)

Yang kurang lebih soalnyanya seputar tentang:
- Pengetahuan UUD '45
- Amandemen UUD beserta berapa kali perubahannya
- Tentang pancasila
- Apakah pancasila dan uud'45 bisa dirubah atau tidak
- Di anelia berapa nilai pancasila itu ada
- Pasal-pasal, cth: pasal tentang menghormati umat beragama (ini beneran loh gue di tanyain -_-)
- Wawasan nusantara
- Bela negara
- NKRI
- Tentang pemisahan negara
- Narkoba dan jenisnya
- Sex Bebas
- Minuman Keras
- Teroris
- Penyimpangan sosial
- Motivasi kerja di Garuda
- Modal Pramugari apa
- Tentang Safety, Security, Service
- Toleransi umat beragama
- Pendapat kamu tentang kepercayaan yang masih dianut suku Indonesia
- Rukun iman bagi yang beragama muslim
- Tentang duania malam atau dugem
- Wisata di Indonesia itu apa aja

Banyak kan? Gue juga heran ini mau tes pramugari apa tes seleksi Putri Indonesia yah? Hahaha. Ya begitulah seorang pramugari tidak hanya mengandalkan fisik yang oke tapi otak cerdas itu wajib hukumnya. Pengumumannya lama banget hampir semingguan, tgl 24 Oktober gue di kabarin lewat sms kalo gue lolos Background Check... Yeyeyhuhuuuuu!!!

6. Medical Check Up
Tanggal 27 Oktober gue tes medical check up di Garuda Sentra Medica (GSM) di daerah kemayoran setelah di smsn pihak garuda bahwa gue lolos. Well gue ke GSM dianter sama kakak gue dan nyampe jam 7an, sebenernya kalau kalian mau naik angkutan umum bisa juga dari terminal senen naik metro mini P10 turun di depan Garuda Sentra Medica langsung.
Pas nyampe sana gue langsung naik ke lantai 3 dan mengisi daftar hadir, ditahap ini teman-teman yang lolos hanya 13 orang saja.

Tes Medicak Check Up ini ada beberapa tahap, yaitu:
1. Laboratorium
Tes ini meliputi tes darah dan urine, sebelumnya kita akan disuruh berpuasa selama 8 jam. Saran gue banyak-banyaklah minum air putih, sayu-mayur dan buah-buahan. Hindari makanan yang berkolesterol tinggi seperti kambing, hati sapi, santan, jeroan, dll

2. Rontgen
Yang pertaman rontgen paru-paru, disini kita harus melepas baju dan bra kita dengan memakai baju biru khusus yang telah disediakan, lalu kita akan diarahkan oleh petugas wanita ke mesin rontgen tersebut, tidak perlu waktu lama tarik napas sedikit dan tahaaaan... selesai deh, saran gue kalau kalian perokok usahakan 2 hari sebelumnya puasa dulu ya.
Yang kedua rontgen gigi, pas masuk ke dalam ruangan kita disuruh gigit permen gitu setelah itu dagu dan dahi ditempelkan ke alatnya. Lalu secara otomatis hasil rontgen gigi keluar, benar-benar gak berasa apa-apa deh.

3. Gigi
Rontgen gigi yang kita lakukan sebelumnya dibawa ke bagian gigi ini. Kita diperiksa lalu dokternya menyebutkan kode-kode tertentu yang gue gak mengerti seperti 13 ceoss atau 10 carries yah kurang lebih gitu deh gue kurang ngerti soalnya haha. Disini bakal ketahuan deh kalau gigi kalian ada yang bolong, berkarang, dan ditambal. Tapi jangan takut gue saranin makesure sebelum medex kamu baiknya bersihin gigi seperti karang, lalu tambal gigi yang berlubang. Biasanya sih kalo udah parah bolongnya langsung cabut aja, soalnya temen gue re-checck lagi karena giginya harus dicabut 2 dan ditambal 1. So be prepared girls :)

4. ECG/Jantung
Kita masuk ke ruangan lalu disuruh membuka kancing baju dan buka pengait bh aja karena nanti dada kita bakal di tempelin banyak stiker-stiker gitu, ga perlu takut karna dokternya cewek dan gak perlu tegang just relax aja karena ga berasa apa-apa, setelah itu hasil print-an nya keluar deh.

5. Pemeriksaan Fisik
Hasil print-an tadi di jantung dikasih ke dokter fisik ini. Disini kita di tanya macem-macem kerja dimana, sebagai apa, penyakit riwayat keluarga, pernah naik pesawat ga, trus mabuk ga, terakhir kali menstruasi, pernah hubungan sexual ga, minum-minuman keras ga, ashma ga, ada sinusitis ga, pernah kecelakaan ga, punya penyakit kuning ga. Selanjutnya tes fokus, dokternya pegang pulpen gitu trus kita suruh ikutin gerakan pulpen itu dari dokternya, ada tes buta warna, ukur TB/BB, tes mata, tes kuping (jangan lupa korek kuping sebelumnya ya kalo perlu di candle ear biar bersih), cek gigi secara keseluruhan.

Oiya disini kita lepas baju dan rok jadi tinggal bra sama cd aja, ini udah kaya berasa model Victoria Secret aja wkwk. So guys tes ini gak naked yaa tolong dicatet hehe dan dokternya pun ibu-ibu kok jadi jangan takut, trus ada tes keseimbangan kita disuruh rentangkan tangan dengan mata tertutup maju 5 langkah, lalu jalan ditempat 20x macem anak paskibra aja haha, lalu badan kita disuruh berbaring perut kita ditekan-tekan dokternya, tapi ini sih yang paling risih adalah cek dubur! Mana pas lagi itu gue lagi ada tamu bulanan lagi, hadoohh kebayang kan risihnya gimana #tepokjidat, yaudah lah disini gue pasang muka tebel aja kaya ga terjadi apa-apa haha. Well cek ini bertujuan untuk mengetahui apakah kita ada penyakit ambein atau wasir, trus dokternya nanya apakah kamu pernah BAB berdarah atau tidak.

6. Audiometri
Atau tes pendengaran. Kita pakai earphone dan pegang tombol gitu. Bunyi ini makin lama makin kecil, kalo ada bunyi gitu kita disuruh pencet tombolnya kalo gada ya diamkan saja hehe...

Yeayy finish deh tinggal nunggu pengumuman deh....
Pada tanggal 7 November gue di smsn yang menyatakan FIT, dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu  Wawancara Kompetensi.

7. Wawancara Kompetensi
Tes berlangsung di area perkantoran Garuda di Soe-Ta tanggal 11 November, ada 7 orang yang lolos di tahap ini. Pertama pas dateng kita disuruh isi data diri gitu dalam formnya, oiya girls please jangan dateng telat ya karena itu bisa mengurangi penilaian recruiter. Oke back to the nature hehe disini kamu gak perlu tegang dan grogi lebay karena wawancaranya santai dan pertanyaannya lebih ke problem solving gitu sih, tapi perhatikan cara duduk kamu dan cara menjawab kamu ya karena mereka yang menginterview kamu adalah orang psikolog yang bisa menilai kita kalau gak hati-hati.

Kalau kamu yang sudah bekerja pasti mereka akan bertanya seputar tentang kerjaan kamu kaya gimana, lingkungannya, kondisinya, cara menyelesaikan masalah gimana, kalau kamu berada dilingkungan yang baru gimana sikap kamu untuk beradaptasi, cara menghadapi client gimana, service penting ga sih menurut kamu, motivasi kamu jadi pramugari, kekurangan kamu apa, pencapaian terbesar kamu apa, kenapa kami harus memilih anda menjadi pramugari, cara menghadapai kejadian hectic gimana.

Kurang lebih seperti itu sih pertanyaannya yang pastinya setiap recruiter punya style pertanyaan yang berbeda-beda. Yang paling penting adalah pastikan kamu selalu senyum :) Yeayyy sip deh
Tanggal 19 November dapet sms kalo gue lolos tahap wawancara kompetensi dan lanjut ke tahap Pantuhir , Yeayyy gak nyangka banget alhamdulillah... :D

9. Pantuhir
Alhadulillahirabil'alamin sudah sampai ditahap ini setelah perjuangan panjang dan melelahkan. Well pas dapet sms cinta itu gue exited banget pengen teriak gak bisa teriak akhirnya gue loncat kegirangan gak jelas hahaha. Pantuhir ini dilaksanakan tanggal 21 November di area perkantoran Garuda Indonesia di Bandara Soekarno Hatta. Dengan nyawa setengah melayang subuh-subuh gue udah harus ke terminal Priok buat ngejar Damri karena saking takutnya telat sampe sana. Eh pas sampe sana masih jam 6an sepi banget lalu gue ke langsung ke toilet dan bertemu teman-teman yang juga ikut pantuhir. Di toilet gue langsung ganti sepatu heels dan touch up make up. Abis gitu kita bareng-bareng ke ruang auditorium, ada 24 orang yang mengikuti tahap pantuhir ini hemm lumayan banyak nih. Yup, karena ini gabungan dengan kloter yang lain mungkin biar sekalian kali yah.

Sedikit briefing dari tim recruitment, kita disuruh absen lalu ambil nomer dan gak nyangka ternyata gue dapet nomer 1 it means paling pertama interview huaaaa deg-degaaan setengah mati. Abis ambil nomer kita diarahkan untuk memilih baju seragam awak kabin Garuda buat dipakai wawancara direksi. Karena gue paling pertama jadi gue leluasa milih bajunya, lalu gue pilih baju orange dengan ukuran S, karena sesuai dengan warna kulit gue yang sawo matang sayangnya disini kita gaboleh foto-foto hingga release menjadi pramugari, yah curi-curi selfie dikit boleh lah yaa.

Dari situ kita berbaris untuk dilihat apa-apa yang kurang contohnya kurang blush on, lipstik atau benerin rambut yang masih berantakan. Untung ada Ibu Tari yang cantik membantu kami untuk memaksimalkan penampilan kita. Karena ada 24 orang jadi kami dibagi 4 kelompok untuk memasuki ruangan dan kelompok gue maju paling pertama. Disini kita harus memaksimalkan apa yang kita punya dengan introduce self pake bahasa inggris, kesibukan saat ini, prestasi yang didapat apa saja, dilihat muka dan tangan. Disini sikap badan harus tegap, tangan lurus dan selalu senyum.

Sejak berdiri diam dan tak bergerak kaki gue jadi keram dan udah gitu dari awal sampe keluar ruangan selalu senyum bikin pegel bibir euy. But don't worry yang paling penting adalah lakukan yang maksimal karena mereka memerhatikan sikap dan attitude kita sejak kita masuk ruangan hingga keluar ruangan. Akhirnya selesai juga tes pantuhirnya ah senangnya bisa melewati tahap akhir ini.

Lalu tanggal 24 November mendapat sms yang menerangkan bahwa gue........ TIDAK LULUS seleksi pantuhir dan dapat mencoba setahun kemudian. Gue sedih banget ketika dapet sms itu pikir gue ini adalah kesalahan teknis dan berharap tim recruitment sms gue kembali, tetapi sejam pertama tidak ada sms, dua jam tidak ada sms juga, dan juga beberapa jam kemudian. Gue pun gak di kasih tau gak lolosnya karena apa, sedih banget memang kenapa harus pas tahap terakhir ini ibarat tinggal selangkah lagi malah ga lolos. Yahh tapi gue percaya ini bukan akhir segalanya, gue pikir gak semua orang dapet kesempatan dan pengalaman berharga ini dan gue yakin ini adalah keberhasilan yang tertunda buat gue...


Popular posts from this blog

Itinerary Trip Bali Februari 2017 3 Hari 2 Malam

Hai guys udah lama banget gue gak pernah posting lagi ni hehe. Berhubung lagi ada waktu luang nulis kali ini gue akan sharing pengalaman backpacker gue ke Bali. Siapa tau bisa bermanfaat jika kamu berlibur ke Bali juga yeayyy... Let's go... | Tiket Dengan membooking tiket jauh-jauh hari yaitu 3 bulan sebelumnya, yang telah gue hunting dari sebuah akun travel agent di Line namanya " ngetriv " disitu gue lihat postingan travel mereka. Setelah cocok dengan tanggal buat ajuin cuti, finally gue dapet tiket pp Bali promo, seharga Rp 700.000,00,- yeayy so lucky me jarang-jarang kan bisa dapet harga segitu 💪  | Hotel Dari beberapa situs yang gue browsing untuk mencari hotel akhirnya kita menjatuhkan pilihan menginap di Rabasta Beach Resort Kuta selama 3 malam booking via Traveloka . Hotel ini terletak di Jalan Kartika Plaza, Pudaksari Lane No 3, dan sangat dekat dengan Airport kurang lebih sekitar 15 menitan. Harganya pun sangat bersaing yaitu den

Hari gini masih jaman ada biaya tranfer antar bank? Yuk cobain web ini!